Buku “Seni Menguasai Lawan Bicara” berisi tentang seni menaklukkan lawan bicara dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini memuat penjelasan tentang sosok, karakter, dan teknik percakapan lawan bicara serta cara anda untuk menundukkannya. Buku ini juga terdapat panduan teknis dan contoh praktiknya sehingga akan mempermudah pembaca dalam menerapkan konsep-konsep dan berbagai triknya.
Buku ini mencakup berbagai bab yang berisi tentang bagaimana cara berkomunikasi dengan orang lain. Pembahasan setiap bab nya sangat menarik karena mengajarkan pembaca cara membangun karisma untuk memberikan pengaruh kepada orang lain, cara meyakinkan lawan bicara, cara menaklukan orang yang suka berbohong dalam berbicara, dan sebagainya. Topik-topik tersebut tentu dapat menuntun pembaca dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan menguasai lawan bicara.
Isi Buku
Bagian pertama buku ini adalah pembaca harus tahu siapa lawan bicara pembaca. Bab permulaan tersebut membahas tentang pentingnya komunikasi dan bagaimana cara mengetahui siapa lawan bicara pembaca.
Bab kedua adalah mengenal karakter lawan bicara. Pada bagian ini, pembaca diajak mempelajari tentang karakter dari berbagai generasi atau usia sehingga pembaca bisa mendapatkan kecocokan dengan lawan bicara.
Bagian ketiga adalah bagaimana cara menganalisa lawan bicara. Pada bab ini, terdapat beberapa poin untuk menganalisa lawan bicara yaitu, berdasarkan referensi dan pengalaman, mengenali identitas lawan bicara, mengetahui gaya dan kepribadian, memahami dunia dan masalah lawan bicara, pesan yang tersampaikan.
Bab keempat membahas tentang membangun karisma dan persona. Bab ini memuat penjelasan tentang hal-hal yang dapat pembaca lakukan untuk menjadi prbadi yang karismatik, contohnya adalah belajar untuk bertanya, mulai dengan kejujuran, tunjukkan kerentanan, mengistimewakan lawan bicara, pahami emosi lawan bicara, menjadi penarik perhatian, berani, dan sebagainya.
Kesalahan menghadapi lawan bicara
Poin kelima membahas tentang apa saja hal yang menjadi kesalahan dalam menghadapi lawan bicara. Bab ini memuat jenis-jenis kesalahan yang sering terjadi saat menghadapi lawan bicara contohnya seperti bersikap grogi, terlalu memaksa, terlalu fokus pada pribadi si pembicara, terlalu bangga, dan berbicara tanpa henti.
Bagian keenam adalah modal untuk memengaruhi lawan bicara. Bab ini memuat syarat tertentu agar pembaca berhasil dalam memengaruhi lawan bicara. Contohnya adalah percaya kepada orang lain, mendengarkan orang lain, memahami orang lain, timbal balik, komitmen dan konsistensi, pembuktian social, dan sebagainya.
Poin ketujuh yaitu meyakinkan lawan bicara. Pada bab ini mempelajari tentang bagaimana cara meyakinkan lawan bicara dan bagaimana cara agar lawan bicara yakin kepada pembaca.
Adapun bab kedelapan membahas tentang teknik berdebat. Dalam bab ini mempelajari cara berdebat yang baik dan berdebat tanpa menyinggung lawan bicara.
Bab kesembilan menjelaskan tentang gestur lawan bicara. Bab ini menjelaskan agar pembaca tahu apakah lawan bicara merasa nyaman atau tidak pada saat ia berbicara dengan pembaca.
Bab kesepuluh menjelaskan tentang cara berkomunikasi dengan klien. Pada bab ini terdapat cara beserta penjelasannya agar pembaca dapat berkomunikasi yang baik dengan seorang klien. Dalam bab ini juga terdapat trik basa-basi yang bisa menarik minat lawan bicara.
Ada juga pembahasan menjelaskan tentang cara merayu konsumen. Hal ini sangat penting bagi pembaca yang bekerja dalam bidang ekonomi agar pembaca dapat mempelajari cara bagaimana konsumen tertarik dan terus berdatangan. Dalam bab ini juga memberikan beberapa cara yang dapat mereka lakukan agar sukses merayu konsumen.
Lawan yang berbohong
Bab kedua belas membahas tentang bagaimana cara berkomunikasi dengan arah mengalahkan lawan bicara yang berbohong. Terdapat beberapa poin. Yaitu menghindari pertanyaan, gerak mata, gerak tubuh, cenderung membungkuk, dan lain-lain
Bab ketiga belas membahas tentang bagaimana cara mengubah pendapat orang lain dengan etika yang baik. Pada bab ini juga terdapat cara berbicara yang jelas namun tetap tenang.
Bab keempat belas mempraktikkan bagaimana cara menghadapi lawan bicara dengan elegan. Pada bab ini juga terdapat etika percakapan agar lawan bicara nyaman ketika mengobrol dengan pembaca.
Bab kelima belas cara menaklukkan si penolak. Pada bab ini terdapat hal-hal yang menjadi fokus saat menghadapi lawan bicara yang mudah menolak kemauan pembaca. Penulis menyampaikan hal itu dengan cukup singkat. Pembaca menjadi mudah untuk memahaminya.
Bab keenam belas membahas tentang siasat untuk memengaruhi lawan bicara. Pada bab ini terdapat berbagai macam gaya dan trik agar sukses mempengaruhi lawan bicara, masing-masing dijelaskan dengan singkat dan mudah dipahami.
Bab ketujuh belas berisi tentang bagaimana cara untuk dapat menguasai lawan bicara melalui ucapan pembaca. Terdapat beberapa poin agar perkataan pembaca tersampaikan dengan efektif kepada lawan bicara. Poin tersebut dijelaskan dengan sangat jelas dan mudah dipahami.
Bab kedelapan belas, pada bab ini berisi trik untuk memulai percakapan. Didalam bab ini juga terdapat cara dan penjelasan mengenai bagaimana cara berkomunikasi dengan baik. Bab ini banyak mempelajari hal-hal tentang komunikasi.
Bab terakhir
Terakhir, bab kesembilan belas berisi kata-kata inspirasi dari berbagai tokoh baik dari luar maupun dalam negeri.
Buku “Seni Menguasai Lawan Bicara” memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya yaitu dapat menyadari para pembaca terhadap pentingnya berkomunikasi, serta mengetahui cara menguasai lawan bicara dengan baik dikehidupan sehari-hari. Bahasa yang digunakan sangat sederhana sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Kemudian, setiap babnya dapat membantu pembaca agar dapat memahami karakter, situasi, dan keinginan lawan bicara. Beberapa bab juga mengajarkan pembaca tanda-tanda lawan bicara sedang berbohong. Kekurangan dari buku ini adalah desain cover yang terlalu simple, kertas yang digunakan tipis, dan kurangnya contoh atau bukti bahwa trik-trik yang diberikan didalam buku memang berhasil dilakukan. Buku ini akan terasa membosankan jika pembaca hanya ingin tahu dan tidak benar-benar ingin memperbaiki cara berkomunikasi dengan baik.
Identitas buku
Peresensi : Dinasty Prameswari, jurusan Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Malang
Judul buku : Seni Menguasai Lawan Bicara
Penulis : William Andromeda
Penerbit : Bright Publisher
Kota penerbit : Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta
Tahun terbit : 2020
Tebal : 156 halaman
Ukuran kertas : 13,5 x 20 cm
ISBN : 9786237778141
Harga : Rp59.000