Sabtu, 11 Oktober 2025
Tidak ada hasil
Lihat semua hasil
Jakarta Book Review (JBR)
  • Beranda
  • Resensi
  • Berita
  • Pegiat
  • Ringkasan
  • Kirim Resensi
  • Beranda
  • Resensi
  • Berita
  • Pegiat
  • Ringkasan
  • Kirim Resensi
Tidak ada hasil
Lihat semua hasil
Jakarta Book Review (JBR)

Sihir Tulisan dalam Copywriting

Resensi buku “Persuasive Copywriting: Sebuah Seni Menjual melalui Tulisan” penerbit Quadrant

Oleh Mujib Rahman
23 Agustus 2022
di Resensi
A A
Buku “Persuasive Copywriting: Sebuah Seni Menjual melalui Tulisan” penerbit Quadrant

Buku “Persuasive Copywriting: Sebuah Seni Menjual melalui Tulisan” penerbit Quadrant

Konten adalah raja. Begitu kata Bill Gates mengenai elemen publikasi yang selalu berjaya sepanjang masa. Zaman bisa berubah dan platform media berganti-ganti, tetapi yang tak lekang oleh waktu adalah konten. Konten yang unik, berkualitas tinggi, menarik dan relevan, akan berkontribusi secara signifikan terhadap keberhasilan sebuah kampanye atau promosi.

Bicara soal konten, salah satu yang terpenting adalah copywriting. Kata-kata yang cerdas dan menarik dapat “menyihir” publik hingga memiliki persepsi tertentu tentang brand Anda. Copywriting adalah naskah yang ditulis oleh seorang penulis untuk disebarluaskan guna kepentingan komersial. Contohnya, naskah iklan televisi, radio, majalah, koran, baliho, spanduk, dan lain sebagainya.

Febri Asiani, dalam buku “Persuasive Copywriting: Sebuah Seni Menjual melalui Tulisan” (Quadrant, 2020) menegaskan, copywriting  adalah salah satu bahasa komunikasi yang membantu pemasaran suatu produk atau jasa secara daring. Copywriting itu memiliki kekuatan narasi, teks, atau diksi dari sebuah iklan yang banyak orang terpengaruh untuk berbuat seperti yang dikehendaki pesan iklan tersebut (h 83).

Unsur penting yang harus ada dalam copywriting adalah menarik perhatian, memotivasi, meyakinkan, dan mengubah perilaku konsumen. Tujuannya tentu untuk menyampaikan pesan penjualan, penguatan citra positif dari suatu merk atau brand, meningkatkan profit bisnis penjualan, dan bisa juga sebagai corporate campaign.

Ada berbagai jenis copywriting. Yang paling umum adalah copy to the point, yaitu narasi langsung menuju fokus utama atau pokok persoalan. Kedua, melalui story telling atau bercerita. Ketiga menggunakan percakapan, biasanya dari bahasa percakapan yang digunakan sehari-hari yang bisa menarik perhatian.

BACA JUGA:

The Great Gatsby: Kemewahan, Cinta, dan Kehampaan

Hector and The Search for Happiness: Perjalanan Menemukan Arti Kebahagiaan

The Sentence: Kisah Pribumi, Luka Sejarah, dan Ketahanan Hidup yang Tak Padam

3726 MDPL: Titik Tertinggi Belajar Melepaskan

Keempat, dengan menguraikan secara detail penjelasan mengenai produk. Selanjutnya dengan menggunakan gaya bahasa yang puitis, tujuannya untuk membangkitkan sisi sentimental dari dalam diri manusia. Yang terakhir bisa menggunakan copy penolakan, cara ini seolah mencegah orang agar tidak menggunakan produk yang ditawarkan, tetapi berimplikasi menganjurkan.

Buku yang dirilis penerbit Quadrant setebeal 215 halaman ini juga menyajikan berbagai contohnya. Contoh-contoh ini dapat membangkitkan imajinasi dan inspirasi bagi penulis copywriting pemula. Meskipun narasi copywriting cenderung mempengaruhi publik, tetapi ada juga kode etiknya. Yang paling fundamental adalah tidak boleh membohongi masyarakat, menggerakkan emosi yang positif, meningkatkan keinginan masyarakat untuk mencoba produk, dan tidak melanggar kode etik periklanan dari Undang-Undang Perlindungan Konsumen.

Strategi Copywriting

Sebaris kata-kata dapat menyentuh emosi pembaca atau yang mendengarnya, tergantung kejeniusan pembuatnya. Pada dasarnya kata-kata itu harus dapat dimengerti, tepat sasaran, dan logis.

Terkait hal ini, kata kuncinya ada di judul buku, yaitu persuasif. Orang tak bisa menjejalkan sebuah informasi bagaikan dogma atau pasal-pasal yang kaku. Tetapi harus persuasif, melalui pendekatan fakta dan logika sehingga pendengar atau pembaca dapat mencernanya dengan nalar waras. Itulah yang dimaksud persuasif.

Dalam penerapannya ada beberapa aspek yang harus diterapkan, yaitu (1) message, adalah pesan inti yang harus disampaikan, (2) consideration aspects, yaitu pertimbangan platform yang akan dipakai, karena beda platform sifatnya akan berbeda, (3) concept idea, yaitu kemampuan menerjemahkan ide kreatif yang sifatnya orisinal, unik, menarik, dan inovatif. (4) copy platform, yaitu kerangka sebuah copywriting yang meliputi copy style (penampilan), copy elements (pendukung), headline (inti/kepala), bodycopy, tag, dan supprting elements. (h120)

Bila hal-hal itu dapat diterapkan dengan baik, maka keberhasilan sebuah produk sudah di depan mata. Iklan yang dahsyat dapat menjadi kunci keberhasilan promosi yang akan menempatkan sebuah produk dalam pikiran publik. Saat pesan dalam iklan dapat tersampaikan kepada konsumen tepat pada sasaran, bahkan menyentuh sisi emosional dari calon konsumennya, pemasaran produk suatu perusahaan dapat meningkat drastis.

Tentu hal ini sangat bergantung pada kreativitas copywriter merangkai kata demi kata yang menarik dan meyakinkan dan kreatifitas mengemas iklan menarik, bukan hanya dari sisi tulisannya saja, tetapi seluruh elemen konten, yaitu gambar, grafis, video, dll.

Dunia digital telah mengalami perkembangan yang begitu pesat, sehingga media promosi jauh lebih kreatif daripada zaman dahulu. Skill  jugaa harus terus meningkat, supaya dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang terus melaju.

Judul: Persuasive Copywriting: Sebuah Seni Menjual melalui Tulisan

Penulis: Febri Asiani

Penerbit: Quadrant

Genre: Self Improvement

Edisi: Cet 1, Januari 2020

Tebal: 216 halaman

ISBN: 9786232441194

Topik: Headline
SendShareTweetShare
Sebelumnya

4 Rekoemndasi Buku yang Siap Merubah Pola Pikirmu, Semua Best Seller Lho!

Selanjutnya

7 Potret Book Park, Perpustakaan Korsel yang Bakal Bikin Kamu Ngebet Pengen Kesana

Mujib Rahman

Mujib Rahman

Wartawan Senior

TULISAN TERKAIT

Cover buku "The Great Gatsby"

The Great Gatsby: Kemewahan, Cinta, dan Kehampaan

9 Oktober 2025
Hector and The Search for Happiness: Perjalanan Menemukan Arti Kebahagiaan

Hector and The Search for Happiness: Perjalanan Menemukan Arti Kebahagiaan

6 Oktober 2025
The Sentence: Kisah Pribumi, Luka Sejarah, dan Ketahanan Hidup yang Tak Padam

The Sentence: Kisah Pribumi, Luka Sejarah, dan Ketahanan Hidup yang Tak Padam

30 September 2025
Versi Hard Cover pada Buku 3726 MDPL

3726 MDPL: Titik Tertinggi Belajar Melepaskan

29 September 2025
Selanjutnya
Selanjutnya
7 Potret Book Park, Perpustakaan Korsel yang Bakal Bikin Kamu Ngebet Pengen Kesana

7 Potret Book Park, Perpustakaan Korsel yang Bakal Bikin Kamu Ngebet Pengen Kesana

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

Cover buku "The Great Gatsby"

The Great Gatsby: Kemewahan, Cinta, dan Kehampaan

9 Oktober 2025
Hector and The Search for Happiness: Perjalanan Menemukan Arti Kebahagiaan

Hector and The Search for Happiness: Perjalanan Menemukan Arti Kebahagiaan

6 Oktober 2025
The Sentence: Kisah Pribumi, Luka Sejarah, dan Ketahanan Hidup yang Tak Padam

The Sentence: Kisah Pribumi, Luka Sejarah, dan Ketahanan Hidup yang Tak Padam

30 September 2025
Versi Hard Cover pada Buku 3726 MDPL

3726 MDPL: Titik Tertinggi Belajar Melepaskan

29 September 2025
Poster-poster kegiatan IIBF 2025

IIBF 2025: Upaya Peningkatan Literasi dan Tantangan Industri Penerbitan Buku di Indonesia

24 September 2025
Bertahan di Zaman Modern: 36 Tahun Berdirinya Pustaka Al-Kautsar

Bertahan di Zaman Modern: 36 Tahun Berdirinya Pustaka Al-Kautsar

22 September 2025

© 2025 Jakarta Book Review (JBR) | Kurator Buku Bermutu

  • Tentang
  • Redaksi
  • Iklan
  • Kebijakan Privasi
  • Kontak
Tidak ada hasil
Lihat semua hasil
  • Masuk
  • Beranda
  • Resensi
  • Berita
  • Pegiat
  • Ringkasan
  • Kirim Resensi

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In