Jakarta – Belajar membaca pada anak harus dibiasakan sejak dini. Membaca menjadi salah satu komponen penting dalam perkembangan anak, terlebih sudah masuk di sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
Dalam upaya meningkatkan kemampuan baca tulis siswa, salah satu komponen kegiatannya adalah pelatihan dan pendampingan untuk guru.
Irna Ganda Setyawati, dosen Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong membagi tips untuk membaca buku bersama peserta didik. Hal itu ia sampaikan dalam Webinar Guru Belajar: Adaptasi Pembelajaran Masa Pandemi yang bertema “Mengembangkan Keterampilan Literasi Dasar”.
“Terdapat berbagai macam kegiatan dalam membaca buku, ada membaca nyaring, membaca terbimbing, membaca mandiri,” ujarnya dikutip dari kompas.com
Tips Belajar Membaca
Ia membagi tiga tahapan dalam tips yang disampaikan, yaitu sebelum membaca, selama membaca, dan sesudah membaca.
Sebelum membaca, disampaikan terlebih dahulu kosakata-kosakata sulit yang ada dalam buku tersebut. Dengan menyampaikan hal ini siswa akan belajar mengucapkan kosakata sulit dan memahami cara pengucapannya.
Selanjutnya mengajukan pertanyaan-pertanyaan prediksi tentang buku yang akan dibaca. Dengan memperlihatkan sampul buku pada siswa, mereka akan belajar membuat prediksi-prediksi kira-kira bacaan tersebut akan mengarah kemana.
Kemudian selama membaca, jangan lupa untuk mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pengalaman siswa.
Dan setelah membaca, anak-anak dilatih untuk bisa menceritakan kebali cerita yang sudah selesai dibaca. Kemudian mendiskusikan pendapatnya, dan perasaan mereka terkait bacaan. (ST/JBR)